Jumat, 06 Mei 2016

Cara Internet Sharing Ke Hotspot

Mumpung lagi on fire (bukan karena terbakar lho.haha), langsung saja saya akan sharing tutorial agar Hotspot yang kita buat kemarin bisa mendapat koneksi internet. Sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit gambaran tentang fungsi tutorial ini. Jadi, tutorial hotspot kemarin merupakan langkah awal untuk mengaktifkan fitur Hotspot bawaan Windows, namun fitur tersebut masih butuh pengembangan dan diseting agar kita dapat menggunakannya sesuai dengan fungsi yang diinginkan. Kali ini, fungsi yang saya ajarkan yaitu internet sharing. Internet sharing yaitu membagikan koneksi internet untuk disebarkan melalui WIFI atau hotspot yang kita buat tadi. Agar client atau pengguna hotspot tadi bisa mengakses halaman internet. Sumber koneksi internet yang bisa digunakan antara lain:
- Kabel LAN (yang sudah terhubung jaringan internet tentunya)
- Modem (GSM, CDMA, ADSL dll)
- WIFI (wifi yang kita tangkap dari hotspot lain)

Sekarang kita langsung saja untuk seting laptop atau PC kita:

1. Buka Network and Sharing Center dengan cara seperti digambar bawah ini. Atau bisa juga lewat Control Panel

Klik Kanan Pada Icon Network



2. Oh ya kelupaan, sebelumnya pastikan Hotspot yang kita buat telah aktif (karena sudah dibuat, jadi tinggal aktifkan saja. Masih ingat kan caranya??)

3. Pastikan Hotspot yang kita buat telah keadaan Public Network (untuk fungsi kedepannya sangat penting). Bila belum cara settingnya tinggal klik tulisan biru yang berada dibawah nama Hotspot (yang dilingkari). Oh ya sekalian juga bagian koneksi internet juga disetting public network (bagian bawahnya juga)
Ubah Menjadi Public Network


4. Bila sudah semua, maka klik bagian "Change Adapter setting "bagian kiri atas (gambar sebelumnya).

5. Disini kita akan memilih hardware mana yang akan kita sharing koneksi internetnya untuk dishare kepada hotspot yang sudah kita buat tadi.

6. Saya kasih contoh Wifi yang sudah saya konek dengan hotspot Adhiguna Putera(hotspot cafe). Pada gambar dibawah, kita pilih hardware WIFI kita (nama hardware Wireless Network Connection). Klik kanan pada Wireless Network Connection, lalu pilih properties (biasanya akan muncul minta izin Administrator, klik Yes saja).

Inti dari Internet Sharing

7. Setelah masuk menu baru, klik tab Sharing (bagian atas sebelah kanan). Kemudian klik bagian yang saya tunjuk dengan centang merah. Untuk bagian Home Network Connection pilih Wireless Network Connection 2.



Pastikan Keadaannya seperti ini



8. Selesai Semuanya, klik Ok. Maka hotspot yang kita buat sudah mendapat koneksi internet dari hotspot Adhiguna Putera. Dan seharusnya tidak ada pemberitahuan atau error yang terjadi

9. Kalau untuk Modem, Kabel LAN, caranya sama saja dengan di atas. Tidak ada perbedaan. Mau diseting semua juga gak masalah. Agar kedepannya tidak ribet atau lupa kalau belum dishare koneksinya.



Kenapa ada pemberitahuan bla bla kemudian muncul error??
saya pernah beberapa menghadapi masalah seperti ini. biasanya ada pemberitahuan bahwa IP hotspot yang kita koneksikan berbenturan dengan IP hotspot yang kita buat. Sehingga hotspot tidak mendapat koneksi internet. entah penyelesaiannya bagaimana, tapi saya menduga Windows yang digunakan sedikit cacat, sehingga IP masing-masing hardware tidak berubah sesuai kebutuhan. Solusinya mungkin install ulang windows (mungkin lho?? karena belum pernah nyoba)

Kenapa tiba-tiba hotspot tidak terdeteksi padahal sebelumnya normal?? atau tiba-tiba koneksi internet tidak berjalan padahal untuk browsing di laptop/PC lancar saja??

Biasanya ini terjadi bila digunakan dalam waktu lama (seharian laptop atau PC nyala). Maka hardware sudah mulai "lelah". Maka kita harus refresh hardwarenya. Bisa dengan cara restart laptop atau PC, atau cukup dengan Aktifkan ulang lewat skrip ACTIVATE HOTSPOT.bat lagi. Kalau tidak berhasil ya silahkan restart perangkat laptop atau PC. Masih tidak bisa lagi setelah restart?? wah nyerah deh, mungkin WIFI adapternya rusak.haha

Oke, sekian tutorial dari saya. Biasanya sangat berguna untuk WIFI yang memiliki ID dan password (WIFI.ID atau WIFI kampus yang butuh login nomer Induk Mahasiswa), jadi laptop kita dapat koneksi, smartphone kita juga dapat. Lumayanlah buat ngirit kuota.

3 komentar: