Senin, 05 Desember 2016

(REVIEW)Beli Baterai ZE500KL Di Service Center

Karena sebelumnya saya mereview tentang pembelian baterai Samsung Galaxy S3 Mini, kali ini saya juga mereview tentang service center Asus di kota Malang. Ya biar nambah wawasan kepada pembaca apabila nyari spare part asli kunjungi saja service centernya. Kali ini part yang saya beli adalah baterai untuk tipe smartphone Asus ZE500KL. Padahal produk yang saya gunakan adalah Asus ZE500KG, emang sama? secara spesifikasi tidak sama. ZE500KL sudah support jaringan 4G sementara ZE500KG masih 3G. Disamping itu kapasitas baterai keduanya berbeda. ZE500KL menggunakan baterai 2400mAh, sementara ZE500KG menggunakan baterai 2070mAh. Selisihnya cukup banyak yah? apakah ukurannya sama? padahal makin besar kapasitas baterai, ukurannya pasti makin besar. Nah ternyata setelah saya ukur dan bandingkan, hasilnya sama. Mulai panjang, lebar, dan tebalnya sama persis. Entah bagaimana Asus membuat baterai beda kapasitas namun ukurannya bisa sama. 

Dari dasar itu lah saya membeli baterai untuk ZE500KG saya. Meski kemampuan baterainya belum turun drastis sih, maklum masih 1,5 tahun penggunaan. Ya sekedar penasaran saja, siapa tahu daya tahan baterainya signifikan. Kan lumayan. Awalnya saya mencoba untuk bertanya kepada Asus Indonesia via email mengenai harga part baterai ZE500KL. Dan hasilnya seperti dibawah:
Cuman 70ribu?

Wow, cukup murah untuk ukuran baterai original dengan kapasitas 2400mAh. Karena saya pernah membeli baterai kapasitas 1300mAh untuk Acer Z110 original service center saja harganya 135.000.  Oke saya langsung meluncur ke Asus Service Center terdekat dari rumah saya, yaitu di jalan Bendungan Sutami (sebenarnya bukan service center ini yang nanti saya review.haha tapi ya nanti akan dapat sebuah pelajaran dari ini).Sampai sana saya disambut oleh CS cewek yang manis (akhirnya dilayani cewek.haha). Saya utarakan bahwa saya ingin membeli baterai Asus Zenfone 2 Laser 5inch 4G ZE500KL(panjang amat.haha). Sang CS langsung meminjam smartphone saya (sampai sini saya merasa sudah merasa tidak enak) untuk dicek Serial Number dan IMEI. Dan benar, ternyata CS menolak permintaan saya karena smartphone saya bertipe ZE500KG. Dan part number kedua produk memang beda. Kebijakan Service center Asus memesan part yang sesuai smartphone yang digunakan. Ya sudah saya urungkan niat saya.

4bulan kemudian(dari kegagalan kemarin) saya punya ide. Karena saya punya kakak yang menggunakan produk Asus ZE500KL, maka saya foto saja bagian belakang smartphone (bagian info Serial number dan IMEI), beserta baterainya. Langsung saya meluncur service center Asus yang lain (di Malang terdapat 2 service center Asus). Alasannya sih takut ketahuan atau dikenali.haha. Sampai ditempat tersebut saya disambut oleh pemandangan yang tidak asing, yaitu antrian panjang. Berikut reviewnya:

Lokasi Service Center
Lokasi Asus Service center di Malang, cukup strategis. Karena terletak ditengah kota di jalan Semeru. Cuman, karena jalur lalu lintas jalan Semeru ini kurang bersahabat, yaitu terdapat pembatas tengah jalan beton, ditambah untuk menuju jalur yang diakses ke Asus Service center susah. Intinya bila tidak cek google map terlebih dahulu pasti akan berputar-putar dulu. Ditambah lagi terdapat kawasan sekolah. Apabila jam pulang sekolah dijamin macet.

Kondisi Kantor Service Center
Kalau dibilang sempit juga tidak terlalu sih. Tapi kalau dibilang luas juga tidak bisa. Ya, lumayan lah. Apalagi kalau antriannya panjang, dijamin tidak mendapat tempat duduk. Untuk CS yang melayani hanya 3, 2 orang menangani keluhan, 1 orang menangani pengambilan unit service. Untuk bagian spare part, ya jadi satu pada 2 orang tadi. Ya sudah alamat ikut antri orang-orang yang lain.

Pelayanan
Akhirnya giliran saya telah tiba. Dan ternyata saya dilayani CS Pria (harapannya sih dilayani yang wanita.haha). Langsung saya utarakan keinginan saya sejak dari awal. Namun kali ini agak berbeda, karena saya menggunakan alasan bahwa kakak saya titip untuk dibelikan baterai ZE500KL dengan Serial Number yang sudah saya foto. Awalnya saya agak ragu cara ini. Tapi ya sudah saya coba saja. Dan ternyata berhasil. CS tadi mencatat Serial Number dan IMEI yang tertera pada gambar beserta memberitahukan bahwa harga baterainya adalah Rp. 85.000 dan karena harus inden jadi pembayaran lunas saat itu juga(ya iyalah entar inden tapi yang inden gak jadi, kan rugi barang sudah datang tapi gak laku) ditam. Yah saya pikir masuk akal, bahwa harga baterai dari info CS Pusat Asus adalah 70ribu, sementara di Service Center cabang Malang naik jadi 85.000 . Saya anggap 15.000 sebagai ongkos kirim lah. Daripada harganya jadi 2x lipat? itu baru saya protes.haha. CS bilang barang akan datang paling lambat 1bulan (no problem lah, ongkir 15ribu minta datang 2 hari??ngimpi.haha).

1 minggu kemudian saya mendapat sms cinta (bukan dari operator seluler lho.haha). Berisi berita ini:


Kirain memang beneran 1 bulan bahkan mungkin ngaret, ehh ternyata cuman 1 minggu. Tapi karena saya lagi sibuk training, jadi baru bisa ambil 3hari setelah SMS cinta tersebut. Dan ternyata masih bisa asal nota inden tidak hilang.

Produk Yang Dijual
Setelah memberi nota inden (untung ke Service Center udah agak sore, kira-kira jam 4 sore, dan tutupnya jam 5 sore jadi tidak perlu antri karena sepi), saya menunggu part yang sedang diambil CS bagian pengambilan unit service. Setelah di ambil saya cek dan alangkah kagetnya bahwa baterai yang saya terima adalah baterai dengan kapasitas sama dengan baterai ZE500KG. Langsung saya komplain saat itu juga. Awalnya CSnya merasa tidak salah (lagi-lagi CS pria yang sama waktu kemarin.hadeehh nasib nasib). Karena mereka merasa menjalankan prosedur yang benar. Dan di bungkus plastik tertulis ZE500KL BAT yang artinya part tersebut memang milik ZE500KL.
Plastik pembungkus baterai ZE500KL
Lalu saya kasih foto baterai milik kakak saya, namun CS berkata bahwa foto baterai tersebut adalah milik Zenfone Selfie. Ya saya luruskan bahwa itu foto baterai milik ZE500KL sementara baterai yang saya terima adalah milik ZE500KG, bahkan saya sampai tunjukkan baterai smartphone saya ke CS. CS memeriksa unit smartphone saya (mengecek bagian Serial Number dan mencocokkan apa benar baterai tersebut milik ZE500KG). Dan hasilnya saya menang banding (emangnya lagi sidang). CS meminta maaf kepada saya dan akan ngecek ke gudang spare part. Setelah agak lama baru keluar dan membawa baterai(baterai saja bungkusnya tetap sama dengan yang tadi) yang ternyata memang benar untuk ZE500KL dan tertulis kapasitasnya 2400mAh. Tapi, agak sedikit aneh karena tulisan yang tercetak agak pudar dibanding part bawaan dari pembelian. 
Atas baterai ZE500KL(beli di SC), bawah Baterai ZE500KG (bawaan)
Dan memang benar secara dimensi benar-benar sama persis:
Tahu kan mana yang milik ZE500KL?
Naik kapasitas baterai coyy

Letak konektor sampai tebalnya pun sama

Tebalnya sama

jeng..jeng. Benar-benar pas
Saya sih merasa aneh saja kok kapasitas baterai beda 400mAh namun secara dimensi benar-benar sama persis. Apakah yang 2400mAh sebenarnya 2000mAh tapi dikasih label berbeda? bisa iya, bisa juga tidak. Tapi bisa saja Asus membuat casing baterai dengan dimensi sama, tapi isinya berbeda. Jadi, sebenarnya baterai 2000mAh itu menggunakan casing yang sama dengan 2400mAh. Sehingga dibagian dalam masih terdapat ruangan kosong. Ya bisa saja demikian.haha kan ini strategi menghemat biaya produksi.
Dan asyiknya Asus memberi garansi part baterai selama 3 Bulan. Asal kwitansinya tidak hilang.haha. Gak nyangka, udah harganya murah, kapasitasnya besar, ehh ada garansinya (meski ada sedikit insiden). Benar-benar mantap lah. Tapi tetap saya review penggunaannya apakah benar-benar awet dan tahan hingga 2 tahunan? semoga saja demikian. Bila iya, wah ini jadi poin plus smartphone Asus.

Oke itulah yang dapat saya review. Review di atas tidak bermaksud untuk menjatuhkan nama besar Asus meski terdapat sedikit insiden. Ya saya anggap insiden itu manusiawi, karena produk yang dijual sangat banyak variannya sehingga CS dituntut untuk paham tiap-tiap partnya. Semoga tidak ada insiden serupa seperti saya dan overall saya sangat puas dengan pelayanan Asus service center (kalau bisa CSnya cewek semua.haha, just kiding)

Apakah tidak ada stiker hologram atau stiker tanda bahwa itu part asli?
Nah itu, sayangnya tidak ada stiker seperti itu. Mungkin pembedanya pada label pada baterai tadi yang terlihat berbeda. Kalau part asli bawaan pembelian dicetak sangat terang sementara part pembelian service center dicetak agak gelap (tapi tulisannya tetap jelas).

Bagaimana dengan performa baterainya?
Yang saya rasakan memang kemampuannya lebih baik dari baterai lama (dibanding saat awal beli). Namun tidak terlalu banyak seperti 2x lipat. Ya nambah 2-3 jam penggunaan lah. Biasanya dipakai dikantor sampai 1x charge(biasanya ngecharge jam 2), ini dari pagi sampai pulang kantor belum ngecharge. Minusnya di waktu charging agak lama, biasanya 2 jam 10 menit sudah penuh (dari kondisi 10 persen), sekarang jadi 2 jam 30-40 menit baru penuh dengan kondisi sama. Artinya memang kapasitasnya lebih besar dari sebelumnya.

Bagaimana perlakuan baterai saat pertama kali digunakan?
seperti biasa saya pakai carai ini>> TIPS

Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Ingat bila ingin membeli spare part original dari smartphone, saya sarankan kunjungi Service center resminya. Selain partnya asli dan harganya kompetitif (relatif sih), kualitasnya terjamin(syukur-syukur dapat garansi kayak Service Center Asus).

UPDATE:
Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana menghubungi Asus Indonesia via Email? berikut caranya:
- Kunjungi situs ini EMAIL ASUS
- Pilih kategori yang ingin anda tanyakan, seperti Bantuan Teknis (untuk tanya harga part, masalah pada produk Asus secara teknis,dll), Keluhan (bisa soal Service center yang pelayanannya buruk), dan juga Penjualan (masalah aksesori, harga part mungkin juga bisa, harga produk, dan juga alamat official partner pemasaran produk Asus juga service centernya).
- Isi dengan lengkap dan benar yang ada titik merah atau bintang merah. Artinya form tersebut dilarang kosong.
- Anda boleh ngisi tidak sesuai fakta untuk sekedar bertanya. Misal saya punya produk Fonepad 8, karena malas nyari tipe produk, maka saya isi saja dengan Asus Zenfone 5. Tapi dalam pertanyaan nanti anda WAJIB menyebutkan nama produk secara lengkap (misal Zenfone 2 laser ZE500KL).
- Tunggu email balasan berkisar 2-3 hari kerja. 

9 komentar:

  1. gan, thank you loh buat postingannya, sungguh membantu, bole tau email asus nya gan? saya jg mau beli baterai utk zenfone 2 ze551ml, apa bisa langsung minta dipsangkan di asc nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas bro. tapi ya mgkn ada biaya tambahan(kurang tau nominalnya). maaf baru balas

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. Boleh tau email asus nya gak? Soalnya ada niatan mau ganti baterai juga

    BalasHapus
  3. Kelamaan prosesnya mending langsung beli di toko hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ditoko hp biasanya KW bro. karena dari brand Samsung, Acer (pernah pakai), Asus, untuk part/aksesori asli dijual di Service center.

      Hapus