Senin, 04 Maret 2019

REVIEW (SINGKAT) CHAINLUBE REXCO 25

Lama tak jumpa untuk pembaca blog setia saya(emang ada gitu??). Kali ini saya akan mereview chain lube untuk sepeda motor (ya iyalah, mobil kan gak pakai rantai) bermerk Rexco 25. Kenapa judulnya review singkat? karena awalnya ingin memposting juga foto-foto rantai ketika sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan. Bahkan daya tahan chain lubenya bagaimana ingin saya bahas detail dengan foto. Tapi, berhubung micro sd di Smartphone saya tiba-tiba rusak, dan foto-fotonya tidak bisa diselamatkan lagi. Ya sudah review apa adanya.hahaha Sebelumnya mohon maaf lho dalam review ini sangat singkat.hehehe

Oke, awalnya ketika ingin membeli chain lube, saya mencari-cari refrensi dulu. Dari merk yang sangat pasaran, murah, hingga mahal saya cari reviewnya di google. Kalau yang merk pasaran seperti MTR, Kit Chain lube sih bagi saya sendiri kurang worth it. Karena harapan saya menggunakan chain lube itu bikin rantai terlihat basah terus, melindungi dari karat, tidak mudah luntur kena air (kalau tiap haru hujan ya wajar luntur, tapi disini maksudnya gak sering-sering hujan), harga masuk akal, serta bikin rantai tidak cepat kendor (opsional sih, karena tergantung gaya berkendara juga). Jadi, untuk yang merk pasaran sudah pasti saya singkirkan. Sebelum beli Rexco 25 pun sebenarnya saya ngincer Yamalube chain lube dari Yamaha, cuman karena botolnya kecil dan tidak ada yang besar, serta harganya termasuk mahal untuk botol ukuran segitu, yah lewat dulu lah (padahal baca reviewnya oke, karena gak mudah luntur kena air). Ada juga lagi merk WD40. Tapi yang khusus divisi chain lube dengan ciri khas botol warna kuning. Ingat, ini beda dengan WD40 contact cleaner lho. Tapi lihat harganya kisaran 80ribu-100ribuan, wah lewat dulu lah. Memang saya yakin performanya pasti bagus (jarang banget yang review) karena merk WD40 sudah pasti niat dalam bikin produk. Akhirnya pilihan jatuh ke Rexco 25. 


Tutup Merah saya ganti karena pecah, dan itu botol Model Lama, Yang baru yang seperti Tutup biru.
Tetap dapat selang semprotnya kok, cuman yang biru nempel dibody samping


Ingat, REXCO 25, bukan REXCO yang lain. Karena Rexco dengan nomer yang beda, maka fungsinya juga beda. Sempat baca sekilas review dari Rexco 25 ini. Rata-rata memang positif, tapi bukan positif banget sampe dikatakan sempurna. Ya seperti harga masuk akal, serta tidak mudah luntur oleh air. Lalu apa saya percaya dengan review yang sudah bertebaran? awalnya sih saya pikir, "alah paling sedikit lebih oke dari MTR dan Kit Chainlube, cuman isinya aja ada yang banyak." awalnya begitu, tapi setelah 1 tahun saya coba ternyata hasilnya:

1 BOTOL= 1TAHUN

Yang bener? beneran. Kebetulan saya beli yang 350ML Bulan Agustus 2017. Saya kira habisnya 4-6 bulanan lah. Ehh gak tahunya 1 tahun baru habis. Dengan catatan interval penyemprotannya 2 minggu sekali, dan sesekali 1 minggu 1 x semprot ketika sering kena hujan. Kenapa saya semprot per 2 minggu? karena saya coba lihat 1 minggu setelah disemprot, rantai terlihat masih basah, dan bunyi rantai masih belum kasar (mulai tanda-tanda lah), baru ketika minggu berikutnya rantai bunyi kasar, tapi rantai masih terlihat basah. Ya harus disemprot lagi baru bunyi rantai hilang. Jadi kalau nyemprot chain lubenya kurang dari 2 minggu, misal 1 minggu 1x, ya 1 botol ukuran 350ML tidak bisa untuk 1 tahun, mungkin 6 bulanan habis.

Beli Pertama Bulan Agustus 2017

Beli Lagi Desember 2018 dan dapat bonus lagi

Beli 2, bonus 2, baik banget sellernya. Lumayanlah


BUNYI RANTAI SENYAP

So pasti fungsi chain lube salah satunya juga ini. Tapi sebenarnya tidak benar-benar hilang 100%. Masih adalah bunyi gesekan rantai dengan roda gigi. Khusus untuk Rantai Tiger ya kayaknya gak ngefek juga.hahaha mohon maaf kalau itu. 



RANTAI TERLIHAT BERSIH

Ini salah satu poin plus REXCO 25. Kandungan pelumasnya tidak terlalu pekat sekali, jadi ketika disemprot memang basah, tapi debu-debu gak begitu mudah nempel. Jadi ketika pemakaian 1 tahun rantai gak begitu penuh gumpalan debu yang lengket. Bukan berarti ketika disentuh tangan gak ada noda hitam yang nempel ditangan, tapi gumpalan debu yang nempel di rantai dan roda gigi gak begitu tebal, ingat GAK BEGITU TEBAL. Harusnya memang dijelaskan dengan foto, tapi apalah daya fotonya hilang, dan malas untuk foto lagi. Selain itu niat untuk menulis sudah terlanjur On Fire (jadi malah curhat deh). 



RANTAI TIDAK MUDAH KENDUR

Entah ini memang gaya berkendaraku yang saking alusnya atau memang bantuan dari REXCO 25, karena rantai YZF R15 VVA milik saya dari awal beli, sampai 12000KM (1 tahun) baru pengencangan rantai 1X. Itu saja mundurnya gak terlalu banyak. Tahu sendiri mesin SOHC LC4V Yamaha terkenal Torsi badak, bikin rantai cepet kendur karena selongsong gas bejek sedikit langsung rantai menghentak kuat. Ya pengalaman dengan MX 135 tahun 2006, awal-awal beli per 3-4 bulan pasti rantai cepet kendur. Apalagi di R15 yang power dan torsinya melimpah ruah, harusnya sih sama lah mudah kendur. Tapi ini malah terasa awet, Entah karena tangan saya atau memang REXCO 25. Ya anggap saja karena REXCO 25 lah yah.hehehehe



HARGA MASUK AKAL

Harga yang 350ML per botol kisaran 30ribuan (belum ongkir). Kapan lagi coba 30ribu untuk melindungi rantai selama 1 tahun? ya walaupun habisnya 6 bulan sekalipun kayaknya masih masuk akal lah harga segitu. Ya gak? apalagi performa pelumasannya bagus. Temen saya saja langsung ikut nitip beli.

Itulah review singkat sekali yang bisa saya jabarkan. Ya intinya produk REXCO 25 ini sangat worth it untuk perlindungan rantai sepeda motor anda. Kalau untuk masalah kekurangan sih, ya mungkin kalau dibandingkan WD40 Chain Lube REXCO25 ini lebih inferior (mungkin lho soalnya belum pernah coba WD40 Chain Lube). Jelas kalah lah, harganya selisih jauh. Kalau sempurna banget ya mustahil juga.hahaha Saran sih 1 minggu sekali di kasih chain lube. Setelah cuci motor. Saya saja 2 minggu 1x setelah cuci motor saya semprotkan REXCO 25 rantai gak mudah kendur. Apalagi 1 minggu 1x. Performa terjaga!!!  haha. Terima kasih atas kunjungannya

4 komentar: