Jumat, 18 September 2020

Life Hack Aplikasi Smartphone

Lama tak log in blog ini. Banyak ide yang ingin saya tulis, tp ya gitu niat untuk nulisnya susah datang. Sudah datang, ehh ada kegiatan lain. Maklum gak ada WFH, karena saya kerja di perusahaan bidang pembangkit listrik. Oh ya semoga kita diberi kesehatan dalam menghadapi Wabah Covid19 ini dan segera selesai wabah ini. amin.

 

Kali ini saya akan menulis tentang life hack aplikasi Android. Yap, setelah lama nulis soal otomotif akhirnya bisa dapat ide nulis tentang Android. Ya gak yang berat-berat juga. Yang penting bermanfaat bagi semuanya. Kan temanya life hack, maka tujuannya yaitu memaksimalkan fungsi dari aplikasi smartphone Android. Karena saya sering melihat orang-orang punya smartphone tapi tidak memaksimalkan fungsi smartphone untuk keperluan sehari-hari. Oke langsung saja masuk ke pembahasannya:

 

Memaksimalkan Fungsi Kalendar

Siapa yang masih jarang membuka aplikasi kalender? ya pastinya jarang karena kalender smartphone kan hari liburnya cuman Sabtu Minggu saja, tanpa ada keterangan hari libur lainnya atau tanggal merah. Jadi ya buat apa juga. Tapi sebenarnya kita bisa menambahkan tanggal merah atau hari-hari besar Indonesia ke kalender smartphone. Agar kita tahu hari besar atau libur dan juga bisa merencanakan kegiatan dengan baik tanpa lihat kalender kertas. Caranya? ya search saja di google "menambahkan tanggal merah pada kalender" sudah banyak tutorialnya, atau bisa di youtube untuk lebih jelas secara video. Jadi anda tidak ada alasan tidak tahu tanggal merah.

 

Hasilnya seperti ini

Berikutnya tentang tanggal ulang tahun. Jadi sebenarnya kita bisa pasang pengingat tanggal ultah orang terdekat kita pada kalender. Caranya ya bukan kita input secara manual dengan cara mencari tanggalnya lalu kita tulis pengingat ditanggal tersebut. Ya itu mah ribet, karena tiap tahun kita harus ngisi. Ya kalau inget, kalau gak ya sama aja. Jadi kita isi lewat data kontak. Seperti gambar dibawah:

Tanggal ini otomatis muncul di kalendar

 

Akan Muncul dikalendar setiap tanggal 17 September

saran sih, masukin tanggalnya 1 hari sebelum hari H. Misal ulang tahun tanggal 3 Mei, maka kita masukin tanggal ulang tahunnya 2 Mei dan diberi keterangan BESOK ULANG TAHUN. Sehingga ketika tanggal 2 Mei datang, ada pengingat bahwa besok tanggal 3 ada yang ulang tahun. Maka saat itu juga kita mempersiapkan ucapannya. Kenapa tidak saat tanggal 3? ya bisa juga cuman biasanya akan diingatkan saat jam 8 paginya (seingatku) ya kalau orang gak terlalu spesial ya no problem, tapi kalau spesial ya kurang mantap. haha

 

Kalender juga bisa dibuat pengingat kegiatan. Kan biasanya kita mencatat kegiatan apa yang akan dilakukan pada memo atau catatan. Tapi ya bagus juga, tapi alangkah baiknya kita tulis di kalender. Manfaatnya sudah pasti akan terhindar dari lupa. Misal kita jam 3 sore ada janji ketemu teman dan membawa pesanan barang. Maka kalau kita tulis dicatatan ya cuman nulis "Jam 3 sore ketemuan sama teman bawa barang." Dan kalau kita lupa membuka catatan ya sudah wasalam bablas lupa. Tapi kalau dikalender ya gak. Kita bisa setting 1 jam sebelumnya atau 2 jam sebelumnya. Misal tanggal 28 Mei, ya tinggal pilih lalu tulis agendanya apa "ketemu teman bawa barang jam 3 sore" dan setting jamnya jam 2 misalnya. Maka nanti saat jam 2 akan muncul notifikasi tersebut. Saya sarankan jangan dihapus ketika notifikasi itu muncul. Biarkan tetap ada sampai kegiataannya selesai. Karena kalau kita hapus saat jam 2 ya biasanya akan lupa juga. haha 

 

Coba lihat tanggal 8,9,10,11 banyak kegiatan yang harus diingat

 

 

Pentingnya Aplikasi Pencatat Keuangan

Untuk anda yang sudah memiliki penghasilan, sebaiknya anda menginstall aplikasi pencatat keuangan. Tujuannya agar kita bisa tahu pengeluaran kita tiap bulan berapa. Intinya itu dulu, karena dari situ kita bisa tahu berapa kita bisa menabung, kita bisa bayar cicilan, atau pengeluaran apa yang bisa kita tekan agar tidak boros. Manfaat budaya mencatat keungan ini juga berguna untuk wirausaha. Jadinya ya kita gak malas melakukannya saat berwirausaha. Carilah aplikasi pencatat keuangan yang bisa sinkronisasi. Agar ketika kita ganti hape  gak susah untuk menyelamatkan data.

Contohnya aplikasi ini

 

 


Perbulan pemasukan 2,7juta



  Carilah aplikasi Catatan yang Universal

Saya juga sering mencatat sesuatu, baik itu masalah pekerjaan, utang (biasa teman kadang minta isiin pulsa) atau mungkin kronologi kejadian. Awalnya saya pakai aplikasi catatan bawaan dari Asus  sudah cukup sih. Cuman kendalanya ketika saya ganti hape baru terasa negatifnya. Memang aplikasi catatan Asus bisa disinkronkan, tapi nanti kalau restore catatannya harus pakai aplikasi tersebut (ya iyalah). Masalahnya aplikasi catatan Asus khusus untuk hape Asus. Dicari di Playstore pun juga ketemu tapi tidak compatible. Terpaksa deh nyari aplikasi catatan yang universal. Dan terpaksa juga harus backup secara manual catatan yang sudah saya catat di hape lama.

 



Pengingat Masa Berlaku SIM Dengan Aplikasi Kontak

Kadang kita lupa kapan masa berlaku SIM (Surat Ijin Mengemudi) kita habis. Tapi sebenarnya ya mudaj juga, kan per 5 tahun setiap kita ulang tahun. Masalahnya jika kita ingatnya ketika ulang tahun ya pasti terlambat. Kalau terlambat ya memperpanjang SIM mulai dari awal, yaitu test teori dan praktek. Wah itu yang paling susah. Maka dari itu, ya kita butuh pengingat agar kita tidak terlambat. Caranya:

Buat Kontak dengan nama MASA BERLAKU SIM C (misalnya)

Tulis nomer kontaknya dengan tanggal berlaku SIM C

Tulis nomer dengan tanggal dan bulan masa berlaku SIM

 

Lalu lanjut form isian Tanggal penting, isi tanggal 10-12 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Misal tanggal jatuh tempo 3 April, ya kita pasang tanggal 22 Maretnya.


 

Jadi deh pengingatnya. Dan tanggal tersebut akan muncul tiap tahun, maka dari itu kita diberi notification untuk ngecek SIM. ya daripada gak ada yang ingetin, mending pakai cara ini.

Note: Setiap aplikasi kontak pasti ada form isian Tanggal Penting(Smartphone jadulku Asus ZF2 Laser OS lolipop aja ada) , biasanya digunakan untuk pengingat ultah. Tapi kita bisa kustom sesuka kita.

 

 

Maximalkan Aplikasi Screenshot

Aplikasi Screenshot memang fungsinya remeh untuk beberapa orang, tapi ditangan yang tepat screenshot sangat membantu. Biasanya untuk save bukti transaksi perbankan (mobile banking atau internet banking). Tapi ada fungsi lain juga yaitu mencapture informasi penting saat kita browsing. Karena browser umumnya memiliki kemampuan menyimpan historynya terbatas, sehingga ketika kita ingin mendapat info yang penting tadi sangat susah. Dengan screenshot kita bisa mencuplik informasi penting tadi. Kalau pun kita tidak terlalu jelas ya tinggal search lagi nama situs yang tertera pasa gambar screenshot. Bila malas untuk nyari-nyari lagi informasi penting yang sudah kita screenshot ya sebaiknya pindahkan langsung ke folder baru INFORMASI PENTING. Agar screenshot perbankan dengan informasi penting tadi tidak campur dan membuat kita kesusahan dalam mencari lagi.

 

Jika penting, kenapa tidak discreenshot saja

 

Takut lupa dengan kegiatan hari tersebut? tinggal ambil foto saja.

Kadang kita sangat lupa, bahwa kita mengerjakan apa saja saat hari kemarin. Sehingga ketika ditanyain oleh orang lain kita susah mengingat. Biasanya sih setiap kegiatan pasti aku foto objek yang aku kerjakan. Misal hari ini memperbaiki panel kontrol mesin A, Ya sudah foto saja kerusakannya. Kadang pak boss tanya minggu kemarin ngapain aja, ya tinggal cek galery, sudah pasti ingat kita seminggu kemarin ngapain saja, progressnya apa. Jadi mudah untuk menjelaskan ke pak boss. Ya memang konsekuensinya gallery kita mudah penuh. Tapi kita harus sering-sering backup foto. Ya sedia flashdisk 64 GB sudah sangat cukup untuk backup foto bahkan hasil screenshot. 

Bahkan saya pernah backup foto hingga 2000 file

 

 

Jangan lupa backup media dari aplikasi WA.

Saat bekerja, kita pasti ada percakapan penting di grup WA tentang pekerjaan. Entah itu membahas spesifikasi, sebab dari sebuah masalah, atau penyelesaian dari kerusakan. Nah biasanya juga menyertakan foto dari sebuah pekerjaan. Kadang informasi tersebut tidak terlalu penting untuk beberapa bulan kedepan. Baru 1-2 tahun kedepan kadang ada yang tanya tentang pekerjaan lampau. Maka dari itu percakapan WA dan media WA sangat penting menunjang kelancara pekerjaan. Sehingga kita perlu backup WA grup dari tahun ke tahun. Ya itu sih bagi yang ingin tim dalam pekerjaan kompak. Kalau kita bodo amat ya gak backup juga gak masalah. Kan tips ini ditujukan untuk orang yang ingin memaksimalkan aplikasi untuk menunjang pekerjaan atau kebutuhan hidup. 

Sebelum backup klik CADANGKAN. Tidak perlu secara online biar tidak makan kuota data

Amankan folder Whatsapp ke Flashdisk atau PC

 

 

Oke, itu saja yang bisa saya tulis dari artikel hari ini. Sebenarnya masih banyak sekali life hack aplikasi yang bisa dilakukan, tapi malas nulisnya. hahahaha maaf maaf. Semoga bermanfaaat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar