Jumat, 28 Oktober 2016

Tips Menyembuhkan Sariawan

Yooo.. jumpa lagi dengan saya. Kali ini saya ingin menulis tips kesehatan. Tentunya yang ringan-ringan saja. Karena nanti kalau berat, bisa-bisa saya dapat gelar Dokter.hahaha . Tips saya kali ini berhubungan dengan Sariawan. Yap, seperti kita tahu bahwa sariawan pasti terjadi pada semua manusia. Entah itu berukuran kecil, sedang, hingga besar. Tahu sendiri kan kalau sudah sariawan, mau makan apa saja pasti rasanya kurang nyaman. Sehingga kebanyakan orang-orang ingin segera cepat selesai melewati masa sariawan.

Sariawan merupakan radang pada mukosa (lapisan dinding mulut bagian dalam) yang berupa bercak putih atau kuning. Biasanya terjadi karena kekurangan vitamin C atau B, tergigit (secara tidak sengaja), minum minuman yang terlalu panas, atau buruknya kebersihan mulut. Kenapa mukosa bisa radang atau mengalami kerusakan? selain karena tergigit, ya sel epitel (lapisan terluar mulut) tidak melakukan perlindungan. Bisa karena sistem regenerasi sel yang lambat(kekurangan vitamin C atau B), terkena cairan panas. Jadinya mukosa terkikis dan jadi radang sehingga jadilah sariawan.

Sebenarnya bila imunitas kita baik maka sariawan akan sembuh dengan sendirinya. Ya 2 mingguan lama (gilee lama coy.haha). Namun dibeberapa apotek terdapat obat yang katanya bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat. Biasanya berupa cairan yang di tetesin. Sifatnya sih cuman antiseptik agar kuman tidak mengerogoti sel yang sedang rusak tadi. Kalau penyembuhannya sih tetap secara imunitas alami dari tubuh. Nah kali ini saya kasih tips menyembuhkan sariawan. Memang sih tidak bisa menyembuhkan secara cepat dalan 2-3 hari, tapi setidaknya tidak sampai 7hari lah (menurut pengalaman). Berikut tipsnya:


- Minum jus buah yang mengandung Vitamin C atau B yang tinggi, seperti Jeruk, Jambu, Sirsak (seringnya sih ini), buah naga (buah yang vitaminnya kompleks(banyak) dan kadarnya cukup tinggi), manggis. Kalau saya sih biasanya beli sirsak 1-2 buah, lalu dpotong jadi 4 bagian (1buah 4 bagian). Sehari dimakan 1bagian, sisanya taruh kulkas. Mau diblender juga boleh, tapi airnya jangan banyak-banyak. Dimakan sore (jam 3-5 sore)
Vitaminnya paling banyak

Nah ini buah favorit. Murah, segar, dan kandungan vitamin C cukup tinggi

- Bila biasanya sehari 2 kali sikat gigi, maka porsinya ditambah 1 kali saat malam hari sebelum tidur. Tujuannya agar mulut bebas kuman. Tidak perlu keras dalam sikat gigi, asal gigi, lidah dan mulut terkena air kumur hasil sikat gigi tadi. Kalau sudah bersih nantinya luka sariawan akan regenerasi secara cepat saat kita tidur(ditambah minum jus buah tadi)

- Obat kumur gimana? saya pernah coba malah sariawan saya makin parah. Mungkin karena mukosanya makin terkikis jadinya susah sembuh. Tapi mungkin ada orang yang dengan obat kumur saja sudah sembuh. Ya bisa saja kok pakai cara ini.

- Banyak minum air putih. Tujuannya agar mulut selalu basah. Kalau kering kan malah mudah lecet. Jadinya malah nambah sariawan.

- Tidak jarang juga sariawan disebabkan karena sikat gigi yang sudah tidak higienis. Atau bahkan bulu sikat sudah kasar. Maka segera ganti sikat gigi dengan yang baru.

- Bila bibir tergigit atau terdapat luka kecil dibagian mulut (cikal bakal sariawan), coba minum minuman UC1000. Kandungan vitamin C nya sangat tinggi. Biasanya sih akan cepat selesai dalam 1-2 hari berikutnya. bila 2 hari tidak kunjung ada perubahan, maka jangan lanjutkan minum minuman ini lagi, karena lambung biasanya akan nyeri (akibat terlalu asam).  

-Kurangi makan pedas dulu, agar sariawan tidak meradang akibat pedas tadi.

Itu saja tips yang dapat saya berikan, memang tips ini tidak bisa menyembuhkan sariawan dalam 2-3hari, tapi setidaknya lebih cepat ketimbang dibiarkan saja. Semoga tipsnya bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar