Jumat, 10 Juni 2016

File Sharing via WIFI

Yooo. Lama juga gak nulis blog. Biasa kesibukan kantor, jadinya susah meluangkan waktu buat ngeblog. Pulang kerja, tidur, main laptop+ smartphone, ehh ketiduran. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang tutorial untuk melakukan file sharing menggunakan koneksi WIFI. Mungkin bagi yang pernah mencoba sudah pasti menguasai teknik ini. Tapi, bagi yang belum ya jadi hal yang baru (baru tahu kalau smartphone yang dipakai canggih juga.haha). Sebelumnya apa itu File Sharing? yaitu sebuah aktivitas dimana kita bisa mengakses sebuah folder atau file sesuai dengan ijin yang diberikan kepada komputer client (target). Kalau sudah bisa mengakses otomatis, kita bisa merubah, memindahkan, menggandakan (copy) bahkan menambahkan file ke folder tersebut. Aktivitas seperti ini sangat umum dilakukan pada sebuah jaringan skala intranet (bukan internet lho). Ya dikantor-kantor, diwarnet, disekolah, dll asal berada satu jaringan. Nah, apakah smartphone bisa menjalankan fungsi layaknya komputer? jawabannya bisa, namun terbatas. Langsung saja ke tutorialnya

Langkah persiapan:
- Siapkan Access Point atau Hotspot pada laptop atau komputer (bisa pakai cara INI  atau cara lain)
- Bila sudah sambungkan smartphone pada jaringan Access Point yang sudah dibuat.

Langkah setting komputer:
- Pastikan settingan network sudah Home Network seperti gambar dibawah ini:

- Bila belum keadaan tersebut, klik tulisan biru dibawah tulisan nama  Access Point (ya sekitar lingkaran merah)
- Setelah selesai, klik Change Advanced sharing setting (ditunjuk gambar panah merah)

- Lakukan setting seperti dibawah ini:

 
- Bila sudah selesai, pilih dan setting Folder yang ingin anda sharing untuk perangkat lain (Laptop dan smartphone). Klik kanan pada folder yang ingin disharng (seperti contoh dibawah adalah folder ANIME). Lalu klik Tab Sharing (yang dilingkari)lalu klik share


 - Klik bagian yang ditunjuk oleh tanda panah merah,lalu pilih Everyone (yang artinya folder akan disharing ke pengguna jaringan yang sama).


- Bila sudah terpilih, klik Add untuk menambahkan ke list dibawahnya. Ubah settingan Permission dari Everyone seperti gambar dibawah. Pilih Permission Read/Write (artinya semua user bisa menghapus, membuka file, menambahkan file dengan bebas, bila pilih Read saja maka user hanya bisa membuka file tanpa bisa menghapus atau menambahkan sebuah file). Bila selesai, klik Share, lalu tunggu proses Loading.



 -Bila sudah selesai klik Close, lalu folder yang kita siapkan tadi sudah bisa diakses oleh semuanya.Sekarang kita coba buka lewat Smartphone. Kali ini saya menggunakan Manajer File bawaan Asus (smartphone saya Asus Zenfone 2 Laser). Buka menu seperti dibawah ini, klik Network Place. Dan pastikan bahwa smartphone sudah terhubung dengan jaringan WIFI yang sama dengan laptop atau komputer yang disetting tadi.
- Maka akan muncul komputer yang sudah melakukan sharing tadi seperti gambar dibawah ini :

- Tinggal klik saja komputer tadi, lalu silahkan buka folder yang sudah di sharing tadi (nama folder tadi adalah ANIME). Kalau muncul folder lain itu adalah folder yang sudah secara default telah disetting sharing oleh OS Windows atau memang sebelumnya kita sudah setting sendiri.


- Tada ini adalah isi Folder ANIME tadi, sama dengan yang versi PC:
Versi Smartphone

Versi Laptop

Sampai sini tutorialnya telah selesai. Ingat pada langkah-langkah diatas harus benar-benar teliti, agar hasilnya bisa sesuai. Berikut beberapa pertanyaan yang mungkin sering ditanyakan:

- Apakah bisa menggunakan manajer file dari pihak lain seperti ES File Explorer, atau mungkin Astro File Explorer?
Bisa, selama ada fitur Network Place. Mungkin namanya saja yang berbeda seperti ada ES File Explorer fiturnya adalah LAN.

- Berapa kecepatan file transfernya? 
sekitar 2-3 MB/s, ya lumayanlah, dari pada Bluetooth.

- Kan itu laptop atau PC yang dijadikan source (sumber file), bagaimana bila smarphone yang dijadikan source?
Bisa, tapi itu tutorial berikutnya yah.haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar