Senin, 05 Desember 2016

(REVIEW) Beli Baterai S3 Mini Di Service Center

Akhirnya ada waktu senggang buat nulis. Biasa kebanyakan kerjaan, jadi waktu buat nulis jadi tidak sempat. Padahal banyak hal yang ingin saya sampaikan. Oke, kali ini saya akan membuat review soal Service Center Samsung di kota Malang(maklum asli saya dari Malang.haha).
Ada masalah apa kok sampai ke service center? ya sesuai judul di atas, cuman ingin beli baterai original Samsung Galaxy S3 Mini saja sih. Soalnya saya beli produk ini bekas dan dalam keadaan baterai pakai merk Frenz. Takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka saya putuskan beli yang asli. Paling cuman 120-150ribuan (pikir saya). Maka saya meluncur ke daerah jalan Letjen S. Parman. Sebenarnya sih ada 1 lagi lokasi service center Samsung, yaitu di Malang Plaza, tapi terlalu jauh juga dari rumah. Ya sudah pilih yang dekat. Berikut Reviewnya:
Lokasi Service Center
Untuk lokasi jalan Letjen S.Parman ini sangat strategis, terletak di jalur utama masuk kota Malang. Jadi, bagi yang dari kota lain seperti Pasuruan, Surabaya, dll, sangat mudah ditemukan. Apalagi ada panel besar tertulis Samsung service center.
Kondisi Kantor Service Center
Satu kata, ramai (ya iyalah, yang ingin produknya diservice tidak cuman 1-3 orang saja). Oh ya, service center ini tidak cuman menangani produk smartphone saja, semua produk yang bergaransi resmi dan di edarkan oleh Samsung Indonesia bisa diservice di tempat ini. Jadi ya yang antri banyak juga (apalagi waktu itu hari Sabtu). Pertama kali masuk saya melihat kondisi sebentar, lalu saya tertuju pada booth tertulis "Spare Part". Maka saya langsung menuju bagian tersebut (untung gak ikut antri.haha). Meski antri pun tetap saja nyaman, karena ruangannya ber AC dan tempat duduknya cukup banyak.
Pelayanan
Saat itu saya ditangani oleh Customer Service Laki-laki(harapannya sih cewek, kecewa deh.haha). Lalu saya menanyai tentang keinginan saya untuk membeli baterai. Setelah itu, smartphone saya diperiksa bagian belakang (informasi tentang Serial Number dan IMEI). Ya untuk verifikasi bahwa unit yang punya adalah produk garansi SEIN atau bukan. Setelah dicatat ordernya, pegawai tersebut cek ketersediaan barang digudang (karena setelah diperiksa pada list ketersediaan part ternyata ada). Dan setelah menunggu 10 menit(sambil liat CS Cewek juga.haha), ternyata baterai yang saya
kehendaki memang ada (untung aja masih ada, padahal tergolong produk jadul). Coba untuk dipasangkan ke smartphone saya ternyata menyala, lalu test untuk charging juga ada notifikasi terisi, maka diputuskan bahwa baterai dalam kondisi baik. Tahap selanjutnya ya dibayar (juga dibuatkan nota pembelian).
Produk Yang Dijual
Untuk poin ini mungkin saya agak kurang puas. Karena barang yang dijual tidak tahu sudah menginap digudang part berapa lama (meski penyimpanannya baik). Ya takutnya lebih dari 1 tahun karena smartphone ini kan tergolong produk lama. Sudah begitu ternyata tidak ada garansi part(entah kalau baterai smartphone keluaran terbaru sama atau tidak kondisinya). Tapi ya sudah lah. Saya percaya kan kepada nama besar Samsung. Kan yang penting original.

Tidak ada stiker SEIN hologram kan?

Boxnya mantap coy

Dibayar lunas



Munngkin hanya beberapa yang dapat saya review. Mengenai pembelian spare part tanpa menunjukkan IMEI atau Serial Number, entah bisa dilayani atau tidak oleh Samsung. Kalau bisa kan enak tuh untuk smartphone dari luar negeri(beli di Batam atau beli dari luar negeri). Tapi ya partnya beberapa saja yang sama seperti baterai, layar (mungkin saja sama). Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang ragu beli baterai non ori.

Jadi kalau ada aksesori dengan stiker SEIN hologram, berarti palsu?
Setahuku stiker SEIN hologram memang untuk part bawaan pembelian pertama (bahkan yang baru malah tidak ada stiker SEIN), dan stiker SEIN seperti di atas untuk part yang dibeli di service center. 

Bagaiman dengan performa baterainya? sama?
Karena S3 miniku beli bekas, jadi tidak bisa membandingkan dengan saat awal beli dulu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar