Rabu, 04 Mei 2016

Cara Membuat Hotspot Dengan Fitur Bawaan Windows

Sudah lama tidak membuka dan menulis blog. Maklum lagi sibuk-sibuknya pekerjaan.hehe Oke, kali ini saya akan share tutorial yang berkaitan dengan Jaringan (Network). Karena biasanya tutorial ini jarang orang yang paham (bagi yang jarang bermain-main jaringan), namun khasiatnya sangat banyak. Yap, sesuai judul diatas, Cara Membuat Hotspot dengan Fitur Bawaan Windows. Sebenarnya, banyak sekali software yang langsung bisa membuat Hotspot dari Laptop atau PC. Selain mudah di operasikan(gak perlu nulis skrip-skrip tertentu), juga mudah didapat. Namun, ada juga orang yang ingin sekali memaksimalkan fitur bawaan windows (sebenarnya software tadi cuman mengoperasikan fitur bawaan windows dengan tampilan yang dimengerti) sehingga mengaktifkan fitur windows tanpa bantuan software lain. Selain juga terlihat keren (kayak hacker gitulah.haha).

Sebelum masuk ke tutorial saya ingin jelaskan kondisi dari Laptop yang saya gunakan, sehingga apabila kondisi laptop atau PC yang digunakan tidak sama sehingga mengakibatkan tutorial tidak berhasil harap dimaklumin. Berikut Kondisi laptop dan PC yang pernah saya coba:
- Laptop: Asus A42F dengan WIFI Adapter Atheros AR9285(internal adapter), Windows 7 Professional SP1 (bajakan.haha, jangan ditiru)
- PC: PC milik kantor merk Compaq (kyaknya spesifikasi sama dengan laptopku) dengan WIFI Adapter TP-Link wn725N (external adapter, alias beli terpisah), Windows 7 (lupa versinya, yang jelas asli.haha)

Oke sudah dijelasin kondisi-kondisi yang sudah saya coba. Pasti timbul pertanyaan, kan fungsi WIFI Adapter hanya menangkap sinyal WIFI dari sebuah hotspot?? itu yang sering digunakan, namun faktanya sebuah WIFI Adapter mampu bekerja dengan 2 fungsi sekaligus, yaitu menangkap dan menyebarkan. Tapi itu di dunia laptop dan PC, kalau smartphone bisa keduanya, namun tidak berjalan sekaligus. Dalam artian kalau ingin menangkap sinyal, ya menangkap sinyal saja, kalau ingin jadi penyebar sinyal WIFI ya cuman penyebar saja.

Sekarang kita masuk ke tutorial:

1. Masuk ke program Notepad, kemudian ketik skrip berikut:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=MYHOTSPOT key=123456abc
pause

Fungsi skrip di atas untuk membuat Hotspot dengan nama Hotspot "MYHOTSPOT" dan diberi password 123456abc, Nama Hotspot dan password bisa dirubah sesuai keinginan pembuat. Kalau Password harus minimal 6 atau 8 karakter (bisa juga lebih). Cek Gambar dibawah:


Tulis Seperti di atas


2. Bila sudah Save skrip tadi(terserah dimana saja asal ingat), kemudian beri nama CREAT HOTSPOT dengan extensi .bat (jadinya CREATE HOTSPOT.bat), kemudian rubah save as type menjadi All file. Seperti gambar dibawah
Jangan Lupa di Save


3. Buat lagi Skrip di notepad seperti berikut:

netsh wlan set hostednetwork mode=disallow
netsh wlan set hostednetwork mode=allow
netsh wlan start hostednetwork
pause

Fungsi skrip di atas nantinya untuk mengaktifkan Hotspot yang sudah kita buat tadi (tidak perlu membuat dan memberi password baru lagi, selama masih ingat). Kemudian save seperti pada langkah nomer 2 dan beri nama ACTIVE HOTSPOT.bat (atau terserah sih)

4. Saatnya kita mengaktifkan skrip tadi, dimulai dari CREATE HOTSPOT.bat. Yaitu dengan cara klik kanan pada yang sudah dibuat tadi. Pilih opsi Run Administrator. Kenapa harus menggunakan hak akses Administrator?? sebab fitur ini melibatkan kontrol hardware (WIFI Adapter) secara penuh.Sehingga windows bisa menjalankan perintah yang kita berikan. Maka akan muncul pop up windows CMD (Command Prompt) sebentar, kemudian muncul keterangan-keterangan seperti gambar dibawah.

Klik Kanan, lalu Pilih Run Administrator

Bila sama dengan dibawah artinya, Hotspot telah sukses dibuat.
Bila sudah selesai, tekan segala tombol keyboard


5. Selanjutnya, aktifkan skrip ACTIVE HOTSPOT.bat (caranya sama dengan nomer 4). Sehingga hotspot telah aktif. Keterangan yang tertera pada CMD yaitu "The Hosted network Started". Sampai langkah ini smartphone bisa mendeteksi Hotspot yang telah kita buat. Namun, untuk fungsi internet sharing masih belum bisa dilakukan. Tutorial ini akan ditulis berikutnya.haha


Apa saja kegunaan Hotspot yang tadi kita buat??
Lumayan banyak, bisa untuk  Internet sharing (membagi internet yang sudah didapat oleh laptop atau PC untuk disebarkan melalui WIFI), FTP, Folder and File Sharing, untuk multiplayer game menggunakan jaringan juga bisa, bahkan sampai yang tercanggih fungsi Remote Desktop (mengendalikan PC atau Laptop).

Kenapa di PC atau laptop saya tidak bisa??
sepengalaman saya memang kadang ada yang tidak bisa menggunakan cara diatas (tapi biasanya bisa pakai software untuk membuat Hotspot). Biasanya dari WIFI Adapternya, bisa juga dari Windows (mungkin kena virus atau Windows 10, karena saya pernah nyoba di windows 8 bisa juga). JAdi, cara diatas tidak menjamin 100% berhasil (tapi saya jamin anda akan terlihat keren.haha)

PC saya tidak ada WIFI adapter, apakah bisa menggunakan cara diatas?
Bisa, tinggal belikan saja WIFI Adapter yang tersedia dipasaran. Dari harga 80ribuan sampai ratusan ribu bisa. Tapi biasanya sudah ada software bawaan dari vendor WIFI Adapter, sehingga anda tidak perlu repot-repot pakai cara diatas (tapi tidak keren.haha)

Kenapa pemberitahuan di PC/laptop yang sudah terkoneksi ke Hotspot tertulis No Internet Access??
Karena anda belum menyetting jaringan internet untuk bisa dibagi ke dalam jaringan Hotspot. Tapi, sebenarnya itu sudah konek, hanya saja tidak ada akses menuju internet.

Oke cukup sekian tutorial yang bisa saya berikan, next akan saya share tutorial yang berkaitan dengan tutorial ini. 

1 komentar: