Sabtu, 09 April 2016

Basa-Basi Tentang Smartphone


Kata "Smartphone" terdiri dari kata smart dan phone. Yang kita tau ya smartphone adalah handphone yang smart. Karena handphone yang smart, maka penggunanya juga harus smart. Memang tidak harus ahli, tapi setidaknya tahu lah istilah-istilah dalam smartphone. Pada postingan ini saya akan bahas apa saja bagian-bagian smartphone, tapi secara umum dulu. Karena nanti pasti akan banyak pembahasan lebih lanjut dari masing bagian smartphone. Sebenarnya sih smartphone cuman kata pengganti saja, karena sesungguhnya smartphone adalah handphone yang sangat canggih. Terdiri dari bagian-bagian yang secara spesifikasi lebih canggih ketimbang milik handphone. Oke,mari kita bedah tentang bagian-bagian smartphone.


Bagian smartphone:

-Board
Kalau di PC/Komputer/Laptop biasa disebut motherboard. Yaitu suatu PCB yang berfungsi sebagai tempat melekatnya komponen dan socket. PCB?? apa itu?? yaitu Printed Circuit Board, atau "papan" yang telah memiliki jalur tembaga yang telah dibentuk dengan cara dicetak.

Contoh Board Sebelah Kanan
Source: static.xperiablog.net



-Chipset
Chipset merupakan IC atau Chip yang didalamnya terdapat bagian CPU, GPU dll. Bagi yang familiar di dunia komputer akan disamakan dengan Processor, namun didunia smartphone letak Processor ya ada pada CPU yang berada didalam chipset. Pasti banyak yang bingung istilah-istilah diatas kan? okelah saya akan jelaskan istilah IC dulu saja, untuk yang lain akan saya bahas tulisan berikutnya. IC atau Integrated Circuit yaitu sebuah komponen yang didalamnya terdiri dari jalur-jalur(bisa tembaga, silikon, dan beberapa bahan konduktor ataupun semikonduktor.) yang memiliki fungsi tertentu sesuai keinginan desainernya. Ya ibaratnya seperti PCB tadi, namun ukurannya extra kecil hingga ukuran nanometer.

Gambaran Chipset

Contoh Chipset Qualcomm

-Memory
Didalam smartphone memory dibagi menjadi 3 bagian,
1.RAM
RAM (Random Acces Memory), yaitu memory yang digunakan untuk menyimpan beberapa data sementara ketika menjalankan suatu apliksi. Jadi, yang bisa menggunakan memory ini adalah apliksi itu sendiri. Sehingga pengguna tidak bisa mengakses sesuai kehendaknya.
2.NAND Flash
Sebuah memory
yang berfungsi sebagai internal storage dan tempat dipasangnya OS(Operating System) suatu smartphone. Kalau di Komputer bisa disamakan dengan harddisk. Bisa digunakan oleh aplikasi(aplikasi mengisi data) serta pengguna smartphone untuk menyimpan data.
3. Micro SDcard
yaitu SDcard yang berukuran micro atau kecil(meski tidak benar-benar ukuran micrometer). apa sih SDcard itu? kepanjangan dari Secure Digital, merupakan salah satu jenis kartu flash memory yang secara standard digunakan untuk memory external atau tambahan. Memory ini dapat digunakan oleh aplikasi atau pengguna smartphone itu sendiri.

-Module Kamera
merupakan komponen smartphone yang berfungsi untuk menangkap gambar atau merekam video. Didalam module kamera terdiri dari sensor, beberapa lapis lensa,penggerak lensa, serta pelindung lensa.

Contoh Modul Kamera
-Layar
sebuah komponen yang mampu menampilkan grafis yang dihasilkan oleh GPU(Graphic Processing Unit). Karena saya memasukkan kata GPU sebagai bahasan utama, ya sekalian menjelaskan sedikit dari makna GPU. GPU merupakan bagian dari chipset yang berfungsi sebagai pemroses grafis. Jadi, segala yang berhubungan dengan gambar yang akan ditampilkan ke pengguna smartphone maka GPU yang memproses. Bicara layar, maka bicara tentang touchscreen. Apa itu touchscreen ?? merupakan komponen berupa panel untuk menggerakkan fungsi smartphone. Dan smartphone jaman sekarang sudah menggunakan touchscreen untuk mengoperasikannya.

Layar smartphone

-Perangkat Wireless
komponen yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan perangkat lainnya tanpa perantara kabel. Wireless menggunakan gelombang radio(frekuensi tertentu) sebagai media komunikasi. Karena dasarnya berkomunikasi, maka yang di kirimkan adalah data yang ada pada smartphone. Biasanya perangkat wireless yang ada pada smartphone yaitu:
1. Bluetooth
2. WIFI
3. NFC

-Baterai
Baterai
Bagian ini sangat vital bagi smartphone. Karena komponen ini yang membedakan antara smrtphone dengan kulkas(hahaha just kidding). Sudah tahu kan fungsi baterai, yakni menyimpang arus listrik(dengan satuan mAH) yang nantinya untuk menyalakan smartphone. Jenis baterai berdasarkan bentuk ada 2, yaitu Removable dan non removable. Sementara berdasarkan jenis cell ada 2, lithium ion dan lithium polymer. Sementara penjelasan tentang baterai itu dulu, dilain kesempatan pasti saya jabarkan lagi lebih detail. 
Baterai jenis Removable Li-Ion 3000maH


Mungkin cukup sekian penjelasan tentang pengertian smartphone dan bagian-bagian smartphone. Semoga bisa membantu pembaca agar lebih paham.

1 komentar: