Sabtu, 23 April 2016

Tips Menjaga Email dan Password

Kali ini saya ingin memberi tips tentang menjaga email dan password. Karena saya sempat lihat kejadian email dan password lupa. Kalau password mungkin wajarlah, kebanyakan akun email mungkin, tapi kalau email sampai lupa. Wah parah deh.haha
Yang perlu kita ketahui adalah dalam membuat akun email, kita harus tahu tujuannya. Jangan cuman formalitas saja, entar ya lupa. Kalau sudah tahu tujuannya, baru berkomitmen bahwa email dibuat bukan untuk dilupakan.

Oke langsung saja menuju tips:
- Usahakan membuat email cukup 1 akun. 1 akun untuk banyak keperluan medsos, aplikasi messenger, kerjaan.dll
- Bila terpaksa lebih dari 1, usahakan 2-3 akun saja. Namun nama yang digunakan berdekatan, misal andri92(tahun lahir) kemudian andri20(umur saat itu) atau andri99(ngefans lorenzo.haha)
- Buatlah akun email dengan nama yang wajar dan usahakan menggunakan nama anda. Karena beberapa perusahaan menilai anda dari alamat email anda.
- Gunakan password yang mudah diingat namun tidak pasaran. Misalnya menggunakan nama merk mobil beserta tahun pembuatannya. Mudah diingat tapi belum tentu orang lain berpikir sampai situ.
- Passwordnya usahakan menggunakan huruf dan angka. Kekuatannya lebih baik ketimbang huruf saja.
- Usahakan password menggunakan 8-12karakter biar tidak terlalu panjang
- Kadang ada tips gantilah password setiap 6bulan. Boleh anda melakukan hal demikian, namun usahakan passwordnya tidak jauh berbeda dari password sebelumnya. Misal password awalnya suzuki2002 maka ganti dengan suzuki2k2 atau suzuki02.
- Bila anda merasa mudah lupa, tulis email dan password anda pada selembar kertas, lalu simpan pada tempat yang sekiranya anda ingat(kalau lupa juga ya kebangetan.haha). Dan nulisnya jangan terlalu detail, misal andrewer92@yahoo.com, maka tulisa saja andrewer92 lalu passwordnya. Kan masalah menggunakan jenis akun email kan pasti ingat.
- Bila ada situs aneh yang meminta memasukkan email dan password anda padahal anda tidak merasa keluar dari suatu akun tertentu, maka anda patut curiga. Karena itu adalah situs phising, dan bisa mencatat email dan password anda. Bila sudah terlanjur masukkan cepat-cepat ganti passwordnya.


Oke itulah tips agar email dan passwordnya tidak lupa(atau dihack). Semoga bermanfaat.

1 komentar: